7 Manfaat Air Kelapa Untuk Darah Tinggi

Manfaat air kelapa untuk darah tinggi telah diketahui masyarakat. Tekanan darah tinggi menjadi penyebab aneka macam maslah kesehatan lain ibarat stroke, serangan jantung dan problem serius lain. Mengatasi dengan aneka macam cara tradisional menjadi salah satu solusi yang patut dipertimbangkan.

Air kelapa mengandung karbohidrat, air, protein dan lemak dibawah 1% serta vitamin serta mineral dalam jumlah yang signifikan dimana dibawah rata-rata 10% dari nilai kebutuhan gizi harian. Air kelapa mempunyai rasa yang segar dan agak manis hal ini disebabkan kandungan gula serta elektrolit.

Berbagai manfaat dan kandungan air kelapa untuk darah tinggi, diantaranya ialah:

1. Konsentrasi Kalium

Kandungan mineral utama yang ada di dalam air kelapa yaitu kalium dan mengakibatkan air kelapa menjadi sumber elektrolit yang kuat. Kalium merupakan salah satu elektrolit yang dibutuhkan dalam menghantarkan isu di saraf.

Manfaat kalium penting dalam mengatur volume darah, mencegah dehidrasi, mengembalikan ion badan serta menjaga kesehatan jantung. Menjaga kadar elektrolit dalam badan sanggup membantu mengurangi lelah, stres, dan membantu merelaksasi otot tubuh. Itulah mengapa air kelapa sangat terkenal sebagai minuman olahraga.

Salah satu profesor di Universitas california mengungkapkan bahwa  mengurangi asupan garam merupakan cara yang sempurna untuk menurunkan tekanan darah. Namun, bukti ilmiah terbaru menawarkan bahwa meningkatkan asupan kalium juga mempunyai imbas yang sama penting dalam menurunkan tekanan darah. Kalium bereaksi dengan menyeimbangkan imbas negatif dari garam. Semakin banyak cairan dalam badan akan menimbulkan tekanan darah semakin tinggi sehingga ginjal akan mengendalikan cairan yang ada pada tubuh.

Proses tersebut membutuhkan keseimbangan kalium dan garam. Jika tidak terjadi keseimbangan maka ginjal tidak akan sanggup berfungsi dengan baik. Dengan mengkonsumsi air kelapa sanggup menjadi salah satu solusi guna meningkatkan kadar kalium dan membantu mengembalikan keseimbangan tersebut.

2. Kandungan Kalsium

Kandungan mineral lain yang juga sanggup mempengaruhi tekanan darah tinggi yaitu kalsium. Berbeda dengan manfaat daun kersen untuk stroke selain mempunyai manfaat untuk tulang dan gigi, kalsium mempunyai tugas yang penting dalam membantu  jaringan berkontraksi dan menjaga dinding arteri tetap kenyal dan lentur (elastis). kalsium membantu dalam kontraksi otot dan mengatur tekanan darah. mengkonsumsi masakan yang kaya kalsium, bersama dengan mineral lain, ibarat kalium dan magnesium, dianjurkan untuk mengurangi tekanan darah. Mengkonsumsi masakan rendah kalsium mengakibatkan penurunan konsentrasi ion kalsium dalam cairan antarsel. Pergeseran konsentrasi kalsium akan meningkatkan resistensi pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah.

3. Magnesium

Kekurangan magnesium sanggup mempengaruhi tekanan darah lantaran magnesium berperan membantu pengaturan otot dan sistem sirkulasi. Berbeda dengan manfaat buah naga magnesium bertanggung jawab terhadap lebih dari 300 fungsi selular tubuh. Mineral ini disimpan di tulang dan jaringan tubuh, kekurangan magnesium berdampak negatif pada proses jantung yang terkait dengan problem usia.

4. Vitamin C

Manfaat vitamin C membantu pembuluh darah biar tenang. Meningkatkan oksida nitrat yang membantu pembuluh darah melebar.

5. Vitamin D

Vitamin D mempunyai tugas penting dalam transportasi kalsium. Dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat.

6. Vitamin B6

Manfaat Air Kelapa Untuk Darah Tinggi
Manfaat Air Kelapa Untuk Darah Tinggi

Vitamin B6 mengurangi homosistein yang merupakan protein berbahaya yang menciptakan arteri kaku dan meningkatkan tekanan darah.Berbeda dengan  manfaat flora putri malu  kekurangan B6 sangat terkait dengan hipertensi.

7. Kandungan Tembaga

Penting dalam menjaga pelebaran pembuluh darah, tingkat tembaga rendah sanggup mengakibatkan hipertensi

Berbagai kandungan mineral yang terdapat dalam kandungan air kelapa diatas harus dikonsumsi dalam gizi yang seimbang. Tetap konsultasikan kesehatan secara rutin guna menghindari penyakit yang lebih serius.

You May Also Like

About the Author: Restu