Penjelasan Singkat Mengenai SD WAN

Software Defined Wide Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk mengganti tradisional WAN atau jaringan komputer lama. SDN sendiri merupakan jaringan komputer yang akan membantu mengatasi hambatan pada TE (Traffic Engineering).

Jika dulu jaringan konvensional apabila melakukan proses pendistribusian sangat lama dan algoritam routingnya juga rumit. Oleh sebab itu agar proses pendistribusiannya lancar maka banyak ilmuwan yang mencari jalur terbaik pengganti tradisional WAN.

Apa Itu SD-WAN?
Apa Itu SD-WAN?

Mengenai Cara Kerja dari SD WAN

  1. Menggunakan Fungsi Kontrol

Ketika hendak menggunakan SD WAN, jaringan komputer tersebut akan melakukan pengarahan lalu lintas dengan memanfaatkan fungsi kontrol. Tentu hal tersebut akan membawa beberapa keuntungan seperti pengurangan biaya untuk IT, meningkatkan produktivitas dari perusahaan dan mendapat pengalaman baik.

Sedangkan untuk tradisional WAN tidak memiliki akses yang mudah menuju cloud sehingga membutuhkan banyak biaya lagi. Selain biaya yang dibutuhkan apabila menggunakan tradisional WAN adalah perombakan arah lalu lintas menuju ke cloud.

Anda juga harus melakukan perombakan lalu lintas yang terhubung ke kantor cabang dari pusat. Slain itu mudah terjadi backhaul dan kehilangan produktivitas. Berbeda sekali dengan SDN WAN yang modelnya sudah dirancang sedemikian rupa untuk melakukan akses ke cloud.

Selain ke cloud, proses hostingnya juga mendukung di beberapa tempat seperti data center, workday, salesfore.com, dropbox, office 365 dan saaS.

  1. Menerapkan Cloud First

Kedua adalah penggunaan SD WAN juga menerapkan cloud first di mana ini merupakan sebuah perangkat lunak. Perangkat lunak yang satu ini akan mengarahkan lalu lintas lebih smart. Proses pengarahan lalu lintas dilakukan sesuai dengan kebutuhan keamanan, priortitas dan kualitas layanan.

Setelah itu proses pengiriman lalu lintas dikirim ke SaaS dan hal ini tentu memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna. Akan tetapi tidak semua lalu lintas menggunakan web yang sama. Ada juga beberapa yang menerapkan langkah-langkah tertentu menyesuaikan dengan keamanannya.

Beberapa contoh kebijakan keamanannya adalah seperti pengiriman lalu lintas terpercaya langsung dari SaaS lewat internet. Mengirim beberapa aplikasi untuk bisa mendapatkan keamanan dari cloud seperti Netflix, Youtube dan Facebook.

  1. Menggunakan MPLS

Adapun untuk cara kerja dari Software Defined Wide Area Network yang berikutnya adalah dengan menggunakan MPLS. MPLS adalah singkatan dari multiprotocol label switching (MPLS) sebuah layanan 4G LTE dan broadband yang diperlakukan sebagai sumber daya.

Adapun untuk beberapa masalah umum yang sering terjadi adalah proses untuk mengeraskan koneksi internet dari broadband agar SD WANnya aman. Bagaimana cara perusahaan untuk mengatasi latensi dari keterbatasan kinerja broadband.

Masalah lainnya adalah apabila memiliki banyak kantor cabang, bagaimana cara Anda selaku pemilik perusahaan mengelola dan memperluas serta mengkonfigurasinya.

Agar perusahaan cabang Anda bisa berjalan dengan baik maka Anda harus menggunakan SD WAN. SD WAN adalah pengganti tradisional WAN yang akan lebih ramah dan memudahkan pengguna. Anda juga harus mengetahui cara kerjanya.

You May Also Like

About the Author: Restu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *